Site icon The Forever Saga

Mengenal Gangguan Kepribadian Ambang dan Gejala-Gejalanya

Mengenal gangguan kepribadian Ambang

Ada banyak gangguan kepribadian yang dapat menyerang seseorang. Salah satunya adalah gangguan kepribadian ambang tersebut. Gangguan ini sendiri dapat menyebabkan emosi seseorang menjadi lebih labil. Bahkan yang paling parah, seorang pasien biasanya mempunyai dorongan buat menyakiti dirinya sendiri.

Dengan risiko berbahaya itulah, maka pengidap gangguan ini memang harus mendapatkan dukungan yang tinggi dari pihak-pihak yang dekat terutama keluarga. Gangguan ini tidak bisa disembuhkan secara total dan penyebabnya ternyata cukup bervariasi. Untuk memahami lebih lanjut mengenai gangguan satu ini, maka anda wajib untuk menyimak penjelasan dibawah ini.

Mengenal Gangguan Kepribadian Ambang

Gangguan kepribadian ambang sendiri merupakan gangguan kepribadian dimana ditandai dengan adanya hubungan tidak stabil dengan orang lain. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penderita gangguan ini biasanya akan mempunyai emosi yang tidak stabil atau labil. Seorang pasien bahkan dapat memiliki dorongan atau kecenderungan buat menyakiti dirinya sendiri.

Disisi lain, seorang pengidap gangguan ini sendiri juga akan sulit buat melakukan interaksi dengan orang lain. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena biasanya penderitanya akan dianggap mempunyai kepribadian buruk oleh lingkungan maupun keluarga.

Penyebab Gangguan Kepribadian Ambang

Ada beberapa faktor dimana menyebabkan kemunculan kepribadian ambang ini. Salah satunya adalah seseorang yang pernah mengalami tindakan kekerasan bahkan pelecehan. Di samping itu, anak-anak yang sering diabaikan oleh orang tua ternyata mempunyai risiko cukup besar untuk terkena gangguan kepribadian satu ini.

Walaupun demikian hingga saat ini, penyebab pasti dari gangguan kepribadian ini masih belum diketahui. Tetapi terdapat sejumlah faktor yang meningkatkan risiko kepribadian ambang ini diantaranya adalah

  1. Faktor genetik.
  2. Kondisi psikologis dan social.
  3. Adanya riwayat pelecehan atau penyiksaan di masa kecil.
  4. Hingga adanya riwayat keluarga yang sudah pernah terkena penyakit satu ini.

Gejala-Gejala Penyebab Kepribadian Ambang

Untuk memahami gangguan ini lebih jauh lagi, maka anda juga harus memahami bagaimana gejala-gejala dari gangguan kepribadian ambang satu ini. Berikut ini beberapa gejala yang dialami oleh seorang pasien

  1. Adanya gangguan mengenai pemahaman identitas.
  2. Impulsive dan tidak mampu berpikir panjang.
  3. Adanya reaksi emosi yang cukup intents dan sulit buat terkontrol.
  4. Sering melakukan atau berperilaku membahayakan dirinya sendiri bahkan merusak.
  5. Disosiasi dimana seorang pasien kepribadian ambang ini sendiri akan kesulitan buat berinteraksi secara normal dengan orang lain ataupun suatu kelompok.
  6. Mengalami depresi, kecemasan berlebihan, hingga kemarahan yang tidak pada tempatnya.
  7. Penggunaan obat-obatan tertentu.

Kapan Harus ke Dokter

Apabila keluarga maupun kerabat anda mengalami gejala yang disebutkan diatas, maka sebaiknya anda bisa berdiskusi dengan dokter. Dengan penanganan yang tepat dapat mengurangi adanya gejala yang timbul akibat dari gangguan kepribadian yang satu ini.

Pengobatan biasanya berupa psikoterapi maupun pengobatan farmakologi buat memperoleh hasil lebih optimal. Psikoterapi juga merupakan terapi pilihan. Salah satu contoh psikoterapi yang dapat digunakan adalah cognitive behavioral therapy atau CBT. Terapi yang satu ini bertujuan buat mengubah perilaku menyimpang dan kepercayaannya dengan melakukan identifikasi masalah dari pengidap.

Untuk pencegahan dari gangguan ini ternyata belum ada metode yang efektif. Tetapi terdapat beberapa pemicu dari perilaku menyimpang satu ini seperti kekerasan seksual hingga pelecehan emosional ketika masih anak-anak.

Kepribadian ambang merupakan salah satu gangguan kepribadian dimana ditandai dengan emosi yang tidak stabil. Demikian pengertian gangguan kepribadian ambang, faktor penyebab dan gejala-gejala yang timbul dari penyakit ini.

Exit mobile version