ciri orang stres

Yuk Kenali Ciri-Ciri Orang Stres di Bawah Ini!

Stres merupakan sebuah reaksi yang terjadi pada tubuh saat seseorang mendapatkan sebuah tekanan. Kemudian, reaksi tersebut akan menyebabkan perubahan yang terjadi pada fisik maupun mental seseorang. Nah, jika stress tidak segera ditangani, maka akan merusak fisik dan mental. Untuk itu, kita harus tahu ciri-ciri orang stres.

Dengan mengetahui ciri-cirinya, kita jadi bisa menangani dengan cepat jika diri kita terdapat ciri-ciri yang menunjukkan stres. Oleh karena itu, yuk cari tahu apa saja ciri-ciri orang yang mengalami stress di bawah ini.

6 Ciri-Ciri Orang Stres

  1. Munculnya Jerawat

Ciri yang sangat jelas terlihat dari orang yang mengalami stress adalah munculnya jerawat di wajah. Di mana orang yang stres cenderung akan memegang wajah tanpa memperhatikan tangannya kotor atau tidak. Dengan seringnya memegang wajah, maka bakteri akan lebih mudah menyebar ke wajah yang bisa menyebabkan jerawat.

  1. Sakit Kepala

Selain munculnya jerawat, ciri yang sangat mudah dikenali dari orang stres adalah sakit kepala. Dalam hal ini, sakit kepala karena tekanan yang menyebabkan timbulnya stres. Di mana tekanan tersebut secara tidak langsung menimbulkan nyeri pada bagian kepala.

  1. Susah Tidur

Jika orang sering mengalami susah tidur atau yang dikenal dengan istilah insomnia, maka orang tersebut bisa dikatakan sedang mengalami stress. Di mana insomnia terjadi karena orang tersebut terlalu banyak pikiran. Banyaknya pikiran ini bisa mengganggu keseimbangan antara lamanya tidur dan terjaga. Nah, inilah yang menyebabkan pola tidur seseorang tidak teratur.

  1. Turunnya Produktivitas

Susah fokus juga merupakan salah satu ciri orang terkena stress. Hal ini terjadi karena orang yang terserang stres pasti mengalami tekanan yang berupa masalah yang bisa muncul dari dalam maupun luar diri. Nah, dengan banyaknya masalah yang ada membuat orang mempunyai banyak hal yang harus dipikirkan.

Dengan begitu, kamu tidak bisa mengatur fokus hanya untuk satu hal saja, misalnya pekerjaan. Yang mana kurangnya fokus membuat pekerjaan kamu menjadi kacau, dan pekerjaan tidak bisa kamu selesaikan dengan baik. Sehingga, hal ini bisa diartikan jika stres menurunkan tingkat produktivitas.

Selain itu, orang yang mengalami stres cenderung malas melakukan kegiatan. Di mana mereka lebih memilih untuk mengasingkan diri di dalam kamar. Dengan rasa malas yang ada, secara otomatis hidupnya menjadi kurang produktif.

  1. Menurun atau Meningkatnya Nafsu Makan

Seperti yang sudah dijelaskan jika orang yang stres cenderung malas melakukan apapun, salah satunya adalah malas makan. Di mana malas makan inilah yang membuat nafsu makan orang yang sedang mengalami stres menurun atau bahkan bisa saja menghilang.

Namun, ada beberapa orang yang mengalami stress justru akan mengalihkan rasa stresnya pada makanan, khususnya makanan manis, seperti coklat. Hal ini karena coklat dipercaya mampu mengurangi rasa stres yang diderita.

  1. Sering Sakit

Orang yang mengalami stress cenderung akan sering sakit. Hal ini karena tekanan yang menyebabkan stres bisa berdampak pada sistem imun. Dalam hal ini orang stres mempunyai imun atau daya tahan tubuh yang lebih rendah, sehingga orang tersebut lebih mudah terserang penyakit.

 

Selain tekanan yang terjadi, rendahnya daya tahan tubuh orang yang mengalami stress juga bisa disebabkan oleh menurunnya nafsu makan. Dengan menurunnya nafsu makan membuat kurangnya asupan gizi dalam tubuh, sehingga tidak ada vitamin serta mineral mampu mempertahankan dan miningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, itulah ciri-ciri orang yang sedang terserang stress. Jika kamu menemukan ciri-ciri tersebut, segera lakukan hal positif yang menyenangkan. Ini bertujuan agar kamu bisa terhindar dari stress.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *