The Forever Saga

Apa Yang Dipelajari di Jurusan Psikologi? Yuk Simak Ulasannya

Ada banyak jurusan yang paling digemari oleh calon mahasiswa. Selain pendidikan dan kedokteran, jurusan psikologi ternyata banyak diincar. Jurusan ini bisa ditemukan di beberapa kampus baik negeri maupun swasta di Indonesia. Dengan popularitas yang dimiliki itulah, tidak sedikit dari masyarakat umum bertanya-tanya apa yang dipelajari di jurusan psikologi tersebut.

Tidak sedikit dari masyarakat awam berpikir apabila seorang mahasiswa psikologi dapat membaca pikiran maupun menebak kepribadian yang dimiliki oleh seseorang. Pendapat ini jugalah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang tertarik untuk masuk ke dalam jurusan ini.

Apa Saja Sih Yang Dipelajari di Jurusan Psikologi

Perlu anda ingat apabila dalam dunia psikologi, seorang mahasiswa psikologi tidak hanya belajar bagaimana membaca pikiran maupun kepribadian, tetapi mempelajari berbagai hal yang kompleks didalamnya. Penasaran dengan apa yang dipelajari di jurusan psikologi ini? yuk simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Mempelajari perilaku manusia

Tidak bisa dipungkiri apabila masih banyak pendapat salah mengenai dunia psikologi ini. Pendapat mengenai kemampuan seorang psikolog dapat membaca pikiran maupun menebak kepribadian seseorang ternyata salah. Justru sebaliknya dimana seorang mahasiswa psikologi akan belajar bagaimana seseorang berperilaku.

Selain itu alasan mengapa seseorang tersebut melakukan perilaku tersebut, kepribadian seseorang dan masih banyak lagi. Semua hal tersebut itulah yang digunakan untuk memprediksi bagaimanakah perilaku yang muncul dari seseorang bersangkutan.

  1. Psikologi belajar matematika

Untuk anda yang ingin masuk ke dalam dunia psikologi hanya karena ingin menghindari dunia matematika, pendapat anda tersebut salah. Pasalnya ketika anda sudah menjadi seorang mahasiswa dari psikologi maka akan dituntut untuk belajar mengenai matematika.

Tetapi tidak perlu khawatir karena ilmu matematika yang dipelajari bukan keseluruhan. Hanya ilmu statistik saja yang dipelajari. Tetapi yang pasti mahasiswa psikologi tidak bisa terhindar dari dunia matematika.

  1. Psikolog berbeda dengan profesi psikiater

Psikolog dan psikiater merupakan dua profesi yang berbeda. Walaupun demikian, tidak sedikit masyarakat yang berpikiran apabila kedua profesi tersebut sama. Padahal psikolog merupakan sarjana dari magister profesi psikologi. Sedangkan untuk psikiater merupakan dokter spesialis kejiwaan.

Hal yang membedakan lainnya adalah psikolog akan membatu para klien dengan menggunakan proses terapi dan tidak akan diberikan obat-obatan. Berbeda dengan psikiater dimana memiliki keleluasaan untuk memberikan obat yang dibutuhkan para pasien.

  1. Mempelajari IPA

Bukan hanya mempelajari matematika saja, nantinya anda juga akan belajar IPA setelah masuk ke dalam dunia psikologi tersebut. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dunia psikologi sendiri ternyata mempelajari mengenai biologi seperti otak, sistem saraf dan masih banyak lagi.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena ketika kita melakukan sesuatu maka juga akan dipengaruhi oleh proses kerja otak itu sendiri dan biokimia yang terdapat didalam tubuh kita. Itulah mengapa ilmu psikologi tidak bisa dilepaskan dengan dunia biologi manusia.

  1. Belajar mengenai filsafat

Selain itu, mahasiswa jurusan psikologi inipun juga akan belajar dunia filsafat. Dimana ini merupakan mata pelajaran yang wajib di ikuti oleh mahasiswa psikologi s1. Dunia filsafat ini sendiri sangat berguna untuk menghadapi dunia kerja nantinya.

Adapun beberapa mata kuliah didalamnya meliputi pengantar filsafat, filsafat manusia dan filsafat fenomenologi hingga filsafat ilmu dan logika dimana sudah siap menunggu anda untuk dipelajari lebih detail.

Jurusan psikologi memang menjadi sala satu jurusan yang tengah diminati oleh sejumlah calon mahasiswa. Informasi mengenai apa yang dipelajari di jurusan psikologi diatas tentu bisa menjadi bahan persiapan anda.

Exit mobile version